Minggu, 15 Januari 2012

Paragraf

Paragraf

Untuk menemukan isi suatu paragraf, kita harus mengetahui Ide pokok atau gagasan utama. Ada yang menyebut ide utama atau gagasan pokok. Walaupun ada berbagai istilah yang digunakan, yang dimaksud ide pokok adalah pernyataan yang menjadi inti pembahasan atau inti permasalahan dalam sebuah paragraf. Ide pokok biasanya terdapat dalam kalimat utama/kalimat pokok/ kalimat topik dalam setiap paragraf. Kalimat utama merupakan kalimat yang pernyataannya paling umum dalam setiap paragraf. Dilihat dari segi tempatnya, kalimat utama paling banyak berada pada awal atau akhir paragraf. Walaupun tidak banyak, kenyataannya ada juga kalimat utama yang tidak di awal atau akhir paragraf. Keberadaan kalimat utama tergantung pada jenis paragrafhya: bisa di awal, di akhir, di awal dan di akhir sekaligus, di seluruh paragraf, bahkan ada yang di tengah paragraf.
Contoh :
1. Paragraf Deduktif
Balon sebenarnya merupakan pesawat terbang yang paling sederhana. Balon biasanya terdiri atas kantung bulat dari kertas, sutra, atau kain yang dilapisi karet. Pada kantung itu terdapat udara panas dan hidrogen atau helium. Pada kantung itu dapat diikatkan tali atau jala untuk membawa barang atau orang.
Kalimat utama : Balon sebenarnya merupakan pesawat terbang yang paling sederhana.
Ide pokok        :  Balon merupakan pesawat terbang sederhana.

2. Paragraf Induktif
Smesnya sangat keras dan menghunjam. Permainan netnya halus dan tipis. Kontrol bolanya akurat. Permainan tipuannya begitu taktis. Serangannya gencar sepanjang permainan. Pertahanannya kuat sehingga sulit dijebol oleh lawan. Itulah ciri utama permainan Riky dan Rexy, ganda bulu tangkis kelas internasional dari Indonesia
Kalimat utama : Itulah ciri utama permainan Riky dan Rexy, ganda bulu tangkis  
  kelas internasional dari Indonesia.
Ide pokok        : Ciri utama permainan bulu tangkis Riky dan Rexy.

3. Paragraf Campuran .
Secara kodrati setiap bahasa memiliki sistem ungkapan dan sistem makna yang khusus. Sistem setiap bahasa dibatasi oleh kerangka berpikir oleh pemakai bahasa itu. Oleh sebab itu, jangan kecewa apabila bahasa Indonesia tidak membedakan jamak dan tunggal, lidak mengenal dalam sistem kata kerjanya, dan pembedaan kata ganti laki-laki dan perempuan. Bahasa Inggris tidak mengenal "unggah-ungguh" seperti dalam bahasa Jawa. Secara teknis, para bahasawan mengatakan bahwa setiap bahasa mempunyai sistem fonologi, sistem gramatikal, dan sistem semantik yang khusus.
Kalimat utama : 1. Secara kodrati setiap bahasa memiliki sistem ungkapan dan sistem
                               makna yang khusus
                             2. Secara teknis, para bahasawan mengatakan bahwa setiap bahasa mempunyai
                                   sistem fonologi, sistem gramatikal dan sistem semantik yang khusus.
Ide pokok        : Setiap bahasa memiliki sistem yang khusus. 

4. Paragraf Deskriptif

Kalimat utama pada paragraf ini terletak pada seluruh paragraf. Artinya, setiap kalimat yang mendukung paragraf merupakan kalimat utama. Paragraf jenis ini banyak ditemukan dalam karangan narasi. Oleh sebab itu, penentuan ide pokok kedua paragraf tersebut mirip atau sama. Ide pokok paragraf ini bisa berupa kesimpulan dari seluruh kalimat atau salah satu dari kalimat yang berada dalam paragraf.

Contoh :
Enam puluh tahun yang lalu, pagi-pagi tanggal 3 Juni 1908, ada benda cerah tidak dikenal melayang menyusuri lengkungan langit sambil meninggalkan jejak kehitam-hitaman dengan disaksikan oleh paling sedikit seribu orang di pelbagai dusun Siberia Tengah. Jam menunjukkan pukul tujuh waktu setempat. Penduduk desa Vanovara melihat benda itu menjadi bola api menyilaukan di atas hutan cemara sekitar Sungai Tunguska. Kobaran api membentuk cendawan membubung tinggi ke angkasa, disusul ledakan dahsyat yang menggelegar bagaikan guntur dan terdengar sampai lebih 1.000 km jauhnya.
Kalimat utama  :   Semua kalimat
Ide pokok          :  Benda berapi jatuh di hutan cemara Siberia Tengah.
5. Paragraf Ineratif
Paragraf jenis ini sangat jarang dibahas oleh para pakar. Karena dalam kenyataan berbahasa terdapat paragraf ini, tidak ada salahnya bila perlu kita ketahui juga. Paragraf ineratif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di tengah paragraf. Dengan demikian, gagasan utama terletak di tengah paragraf juga.
Contoh:
Tingkah lakunya menawan. Tutur katanya sopan. Senyumnya murah dan jarang marah. Dia tidak pernah berbohong dan tidak suka mempercakapkan orang lain. Kesukaannya menolong sesama teman. Pantas Lexa menjadi gadis pujaan bagi setiap orang. Tambahan lagi wajahnya cantik. Perangainya lemah lembut. Orangnya tidak sombong dan tidak angkuh. Otaknya cerdas. Dia mudah diajak bicara dan cepat menyesuaikan diri. Dia ramah terhadap siapa pun dalam pergaulan.
Kalimat utama :  Pantas Lexa menjadi gadis pujaan bagi setiap orang.
Ide pokok        :  Lexa menjadi gadis pujaan

Pilihlah jawaban yang paling tepat !

1.  Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari komunikasi. Kegiatan apapun yang dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi, baik sarana komunikasi yang sederhana maupun modern. Kebudayaan dan peradaban manusia tidak akan dapat maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.
     -  Gagasan utama paragraf di atas adalah  ………..
A.  Manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi.
B.  Sarana komunikasi yang sederhana.
C.  Kebudayaan dan peradaban manusia.
D.  Sarana komunikasi sederhana dan modern.
 2.  Sekarang ini banyak orang yang akan pensiun kena stress. Sesungguhnya, pensiun bearti tidak bekerja, tetapi tetap mendapatkan gaji. Dengan tidak berdinas lagi, berarti mereka sudah tidak memiliki beban pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Jika waktu luang itu mampu dioptimalkan dengan berbagi kegiatan yang positif dan produktif, tentu tidak akan terkena stres.
      -  Gagasan utama dari paragraf  di atas adalah  …..
A.  Mengoptimalkan kegiatan di masa pensiun.
B.  Banyak orang yang akan pensiun terkena stres.
C.  Menghadapai masa pensiun tidak perlu stres.
D.  Pensiun berarti purnatugas, tetapi tetap mendapat gaji.
3.  Terpuruknya industri pariwisata saat ini ternyata telah mendorong masyarakat pedesaan melirik sektor pertanian. Banyak pemuda atau pasangan muda yang bekerja di kota seperti Denpasar, Sanur, atau Kuta, kemudian memilih pulang ke kampung. Pasalnya, krisis akibat terpuruknya pariwisata itu tidak hanya dirasakan industri pariwisata, tetapi juga sektor kerajinan tangan dan perternakan.
     -  Pertanyaan yang tepat yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah  …..
A.  Berapakah jumlah pemuda yang pulang kampung halaman  ?
B.  Sektor apakah yang terpuruk dengan adanya krisis  ?
C.  Daerah mana sajakah yang mengalami krisis ekonomi  ?
D.  Mengapa terjadi krisis ekonomi  ?

4.  Kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia, terutama di pulau Jawa, telah mengakibatkan bencana banjir dan longsor. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh maraknya penebangan liar yang mengakibatkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air. Kersakan hutan tersebut juga disebabkan oleh pemilik Hak Pengusahaan Hutan ( HPH ) dalam melakukan reboisasi.
     -  Topik paragraf tersebut  di atas  adalah  …………
A.  Penyebab kerusakan hutan di Indonesia.
B.  Bencana alam yang disebabkan oleh kerusakan hutan.
C.  Maraknya penebangan liar membuat kerusakan hutan.
D.  Lalainya pemilik HPH  dalam melakukan reboisasi.

5.  Mula-mula pemain mengambil air sendiri dari sungai. Air itu kemudian disiramkan ke tanamannya. Ia berharap perlakuannya terhadap tanaman bisa dilihat oleh petani-petani lain. Apabila para petani telah mengetahui hasil panen tanaman yang disirami lebih baik dari pada yang tidak disriami, mudah bagi Parmin untuk mengajak petani-petani teresebut. Bagi Parmin, yang penting adalah member keteladanan tentang cara bertani yang baik.
     -  Tema dari paragraf di atas dalah  …..
A.  Penyiraman tanaman.                                 C.  Keteladan bertani.
B.  Perbedaan perlakuan.                                 D.  Pengambilan air.

6. Tanggal I Juli 2007 kemarin, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memperingati Hari Bhayangkara ke-61. Sejarah awal peringatan Hari Bhayangkara ditandai dengan Penetapan Pemerintah Nomor 11/ SD/1946 tanggal 1 Juli 1946 yang mengatur bahwa Kepolisian Indonesia yang tadinya berada di bawah Kementerian Dalam Negeri, Polri kemudian dijadikan Jawatan Kepolisian tersendiri langsung di bawah Perdana Menteri.
Gagasan utama kutipan tajuk di atas adalah
A.    Sejarah berdirinya Hari Bhayangkara
B.    Penetapan  Pemerintah Nomor   11/ SD/1946
C.    Polri memperingati Hari, Bhayangkara
D.    Jawatan Kepolisian di bawah Perdana Menteri

7. Bisnis penerbangan adalah bisnis yang sangat mahal, rumit, dan persaingannya pun sangat ketat. Dalam bisnis inilah, Merpati harus terjun. Sementara itu, pada saat yang sama, perusahaan ini harus mengemban misi yang tidak ringan, yaitu melayani rute rute perintis. Rute-rute ini jelas bukan rute komersial, alias besar kemungkinan merugi. Akan tetapi demi kepentingan nasional, rute ini harus tetap , dijalani, Gagasan utama dalam paragraf di atas adalah .-,..  
A.    Bisnis   penerbangan   adalah   bisnis yang , sangat   mahal,   rumit,   dan persaingannya pun sangat ketat.
B.    Demi kepentingan nasional, rute ini harus tetap dijalani.
C.    Merpati harus mengemban misi yang tidak ringan, yaitu melayani rute-rute perintis
D.    Rute-rute perintis jelas bukan rute komersial, alias besar kernungkinan
     merugi.          
8. Meskipun bukan termasuk sehat, kopi memiliki efek yang baik untuk kesehatan gigi. Penelitian terbaru dari negeri capucino, Italia, menguatkan fakta tersebut. Carlo Pruzzon dari Universitas Ancona menjelaskan, senyawa yang terkandung di dalam kopi menghentikan bakteri yang menempel ke gigi. Senyawa tersebut juga efektif membasmi bakteri yang bisa langsung merusak gigi

Ide pokok tajuk tersebut adalah ....
A. Kopi membasmi bakteri pada gigi.
B.    Kopi merupakan minuman yang sehat
C.    Kopi bisa menyehatkan gigi
D.   Kopi tidak mengganggu pertumbuhan

9. Monpera atau Monumen Perjuangan Rakyat merupakan salah satu bangunan kebanggaan warga Palembang. Betapa tidak ? Monumen yang memajang patung burung-garuda. di dinding depannya ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Sumatra Selatan, melawan penjajah pada masa revolusi fisik yang dikenal dengan Pertempuran Lima Hari Lima Malam. Di sinilah basis para pejuang menggalang kekuatan dalam pertempuran melawan penjajah Belanda.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah....
A. pemajang patung garuda pada Monpera
B. bangunan  kebanggaan warga Palembang
C. perjuangan rakyat Sumatra Selatan pada Monpera
D.penggalangan    rakyat    Palembang dalam Monpera

10.          Nirmala Banet, gadis berusia 19 tahun, seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bekerja di Malaysia. la bermaksud mencari nafkah di negeri jiran, tetapi yang didapat musibah.
Musibah yang menimpa gadis asal Kupang, Nusa Tenggara Timur itu begitu memilukan sekaligus menyayat hati. la dianiaya oleh istri majikannya, hingga cacat. Hanya karena beberapa persoalan sepele dan kesalahan kecil yang dibuat, Nirmala disiksa dengan sangat biadab. Rambut keritingnya dipotong dan terus dibakar Nirmala pun dipukul dengan gelas besi hingga berdarah. Paha, lengan, dan dadanya disiram air panas sampai kulitnya terkelupas.

Kalimat utama paragraf kedua bacaan tersebut terdapat pada kalimat....
A.    pertama                                             C.    ketiga
B.    kedua                                                 D.    keempat




1 komentar:

  1. The Best 10 casino games: slots, tables, and live dealer
    , as well 구리 출장샵 as several 충청남도 출장마사지 other casinos 진주 출장샵 that have 제주 출장안마 the largest number of slot players 이천 출장마사지 in the US. The number of ways you can play on the web can vary from

    BalasHapus