Minggu, 15 Januari 2012

Kesimpulan paragraf


Penentuan Kesimpulan               
                                              
Kesimpulan merupakan pernyataan berisi fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Dapat dikatakan bahwa kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi. Dalam soal bahasa Indonesia, kesimpulan bisa berupa rangkaian kalimat-kalimat fakta yang diberi pendapat.
Contoh:            
Pengguna jasa angkutan udara dan laut di Balikpapan, Kalimantan Timur menuju Ujung pandang dan Surabaya pada musim liburan sekolah Juni-Juli 1996 sebanyak puluhan ribu orang. Seluruh penerbangan dan pelayaran menuju Surabaya pentth dan pesanan tiket melonjak dari hari biasa.

Kesimpulan      : Pesanan tiket jasa angkutan melonjak pada musim libur sekolah

Pilihlah jawaban yang paling tepat !

1.  Penggemar musik berirama dangdut semakin banyak dewasa ini. Jenis musik tersebut tidak hanya disenangi oleh masyarakat pedesaan, melainkan oleh masyarakat perkotaan. Oleh sebab itu,  tidaklah berlebihan bila semua stasiun televisi di negeri ini memprogramkan paket khusus penayangan musik ini, meskipun dengan jam tayang berbeda-beda.

     -  Simpulan gagasan utama yang tepat dari paragraph di atas adalah  …….
A.  Musik dangdut digemari berbagai kalangan, sehingga diprogramkan semua
     stasiun  televisi.
      B.  Musik dangdut berkembang pesat berkat para pengusaha rekaman dan stasiun
           televisi.
C.  Kini, penggemar musik dangdut tidak hanya masyarakat pedesaan, tetapi juga
     masyarakat perkotaan.
D.  Masyarakat pada umumnya senang akan tayangan musik dangdut karena musik
     dangdut mudah dinikmati.

2.  Dalam waktu tiga puluh tahun terakhir ini, setiap hari diperkirakan seratus jenis makhluk hidup, mulai dari jasad renal, tumbuh-tumbuhan, sampai binatang tingkat tinggi musnah dari muka bumi. Penyebab musnahnya makhluk hidup ini, antara lain karena alam, seperti gunung meletus, kebakaran hutan, gempa bumi, atau karena dcesakan populasi manusia yang yang membutuhkan lahan hutan. Sebagai contoh, jika pohon ditebang, pohon itu akan menimpa pohon lain. Pohon yang tumbang itu juga dapat membunuh fauna atau jasad renik yang ada di pohon itu sendiri dan sekitarnya.
     -  Simpulan gagasan utama paragraf di atas adalah  ………….
A.  Pohon yang tumbang membunuh fauna.
B.  Penyebab musnahnya makhluk hidup.
C.  Makhluk hidup banyak yang musnah.
D.  Seratus jenis makhluk hidup musnah.

3.  Selama pengalaman hidupnya, nenek moyang Antarium Jenmani telah mengalami kawin silang. Akibatnya saat ini, ditemukan banyak spesies silang baru, misalnya, black beauty dan maeble queen. Perkembangan turun-temurun tidak hanya diakibatkan oleh persilangan, akan tetapi juga akibat mutasi alam. Breeder sengaja member perlakuaan, sehingga menyebabkan terjadinya mutasi. Perlakuannya antara lain mengunakan bahan kimia, sinar radio aktif, listrik ,atau bahan muatan lain pemicu perubahan sifat.
     -  Simpulan isi paragraph di atas adalah  …………
A.  Perjalanan hidup antharaium Jenmanii.
B.  Penemuan banyak spesies silangan baru antharium Jenmanii.
C.  Persilanagn dan mutasi antharium jenmanii.
D.  Bahan kimia pemicu perubahan sifat antharium Jenmani.
  
4.  Meskipun perekonomian mulai membaik, jumlah pekerja kategori anak-anak sector formal di Jateng pada tahun 2002 tercatat 22578 orang. Mereka bekerja di 1293 perusahaan. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun 1999 ketika perekonomian nasional masih berantakan. Saat itu jumlah pekerja anak 21000 orang.
     -  Kesimpulan isi paragraph di atas adalah  …….
A.  Keadaan perkonomian di Jateng semakin meningkat.
B.  Jumlah pekerja dan jumlah perusahaan tidak seimbang.
C.  Jumlah pekerja anak Jateng mengalami kenaikan.
D.  Perusahaan merupakan sector formal para pekerja anak.

5.         Sejak pemilik rumah itu meninggal dunia, tidak ada mau tinggal di rumah itu. Alat rumah tangganya banyak yang rusak. Sisa yang ada  sekarang hanya barang yang tidak berharga. Meja patah, tempayang pecah, dan peti-peti lapuk. Semuanya sudah berdebu, jendela, pintu, serta atapnya banya yang rusak. Pendeknya, sungguh mengerikan melihat pemandangan di dalamnya.
Di tempat seperti itulah, Budi terpaksa bersandar pada tembok depan. Hatinya tambah bingung, menunggu hujan reda atau bergegas pulang. Mau menunggu, hari mulai gelap  dan takut makin menyiksa. Kalau bergegas pulang, tentu basah kuyup dan demamnya mungkin timbul lagi. Ibu tentu akan marah karena ia bermain terlalu jauh, sehingga kehujanan seperti itu.
     -  Kesimpulan isi paragraf di atas adalah  …….

A.  Barang-barang tidak berharga di rumah kosong.
B.  Pemandangan yang menakutkan di rumah kosong.
C.  Kebingunan dan ketakutan di rumah kosong.
D.  Rumah kosong yang mencekam.

6. Setiap hari, kita memerlukan air, baik untuk mandi, minum, atau mencuci. Di bidang pertanian, air digunakan untuk mengairi sawah. Di wilayah tertentu, air dapat digunakan untuk transportasi. Di bidang teknik, air bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir sebagai pembangkit listrik.
     -  Kesimpulan paragraf tersebut adalah  …………..
A.  Tanpa air, kita tidak bisa melakukan aktivitas.
B.  Air memiliki peranan yang sangat penting.
C.  Di beberapa bidang, air sangat diperlukan.
D.  Setiap manusia memerlukan air untuk hidup.

7. Sesuai pasaf 11,12, dan 13 Undang-undang Perlindungan Saksi dan Korban, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) adalah lembaga mandiri yang bertanggung jawab kepada Presiden. LPSK bertugas menangani pemberian perlindungan dan bantuan pada saksi dan korban, LPSK berkedudukan di ibu kota dan mempunyai perwakilan di daerah. Setelah undang-undangnya disahkan, tentu kita berharap LPSK segera terwujud hingga ke daerah. Sebab selama ini perlindungan saksi dan korban dilakukan aparat kepolisiah melalui permintaan jaksa.
Simpulan isi kutipan tajuk tersebut adalah
A.    Pasal-pasal undang-undang Perlindungan Saksi dan Korban
B.    LPSK  lembaga  mandiri  yang bertanggung jawab kepada presiden
C.    LPSK diharapkan segera terbentuk hingga ke daerah-daerah
D.    LPSK berkedudukan di ibu kota dan mempunyai perwakilan di daerah

8. Sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu dan mengasah otak. Padahal berpikir, diakui oleh para ilmuwan sebagai pekerjaan berat. Makanya jangan heran kalau habis mengerjakan soal pelajaran yang rumit, perutmu langsung keroncongan.  Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu membawa bekal makan bila ke sekolah. Hal ini akan lebih baik karena bekal yang dibawa dari rumah tentunya akan menghemat dan lebih higienis daripada jajan.
Kesimpulan dari paragraf di atas adalah....
A. Sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu.
      B  Berpikir banyak menguras energi
C.  Cara mengatasi perut lapar
D   Bekal dari rumah lebih hemat dan  hiegenis.


9.   Hutan Merapi Menyedihkan
       Kerusakan hutan dan pencemaran lingkungan di kawasan Gunung Merapi dan Merbabu dilaporkan memperihatinkan. Para pendaki gunung tidak segan-segan merusak dan membawa tanaman sehingga merusak lingkungan.
      Kondisi  ini  menyebabkan Gunung Merapi dan Merbabu menjadi perhatian dari kalangan LSM dari pecinta alam sekitar lingkungan.
Kesimpulan wacana di atas adalah ...
A.    Kondisi   hutan    dan    lingkungan di   kawasan   Gunung  Merapi   dan Merbabu telah rusak.
B.    Kalangan LSM ikut prihatin terhadap keadaan hutan dan lingkunggan yang tercemar.
C.    Para pecinta alam menyayangkan atas kerusakan hutan oleh para pendaki gunung.      
           D.      Keadaan    hutan    dan    Lingkungan di   kawasan   Gunung   Merapi   dan Merbabu memprihatinkan

10. Bacalah tajuk rencana berikut ini !
Gempa yang terjadi di NAD dan sekitarnya telah menjadi rahmat terselubung bagi bangsa Indonesia, Sebab dengan bencana ini seluruh bangsa bersatu hati menjadi komunitas yang peduli akan nasib sesama melewati batas-batas yang selama ini menjadi pengganjal persatuan yakni, againa, ras, suku, dan golongan,
Bencana tsunami telah mengubah kembali bahwa sebagai manusia kita adalah satu, sepenanggungan dalam untung dan malang, dalam suka dan duka. Untuk itulah, tanpa digerakkan, masyarakat secara spontan mendirikan posko-posko bantuan bagi keluarga besar di NAD dan Sumatra Utara yang terkena bencana tsunami.
Aksi kepedulian tersebut telih memperlihatkan martabat asli  bangsa Indonesia yang bersifat saling menolong. Sayang, di dalam keseharian, sifat asli bangsa Indonesia ini dikotori sikap-sikap lainnya yaitu mau menang sendiri. Kondisi kesehariain kembali pada mementingkan kepentingan kelompok dan golongan.
Simpulan tajuk di atas adalah...
A. Dalam keseharian sifat asli bangsa Indonesia dikotori sifat-sifat mementingkari diri  sendiri.
B. Hendaknya kita tidak saling mencurigai tidak saling memusuhi sesama bangsa
    C.Hikmah bencana tsunami di Aceh menggugah kepedulian dan persaudaraan kita.
D. Bencana telah terjadi di Aceh sehingga menghancurkan semua fasilitas

2 komentar: